Selasa, 24 Juni 2014

MENDALAMI TENTANG IKHLAS

alimpolos.blogspot.com_ MENDALAMI TENTANG IKHLAS |Sebuah amal itu bisa di ibaratkan sebagai jisim/raga,ruhnya adalah ikhlas. Sesunggguhnya jisim ketika pisah/ditinggalkan ruhnya yang mana ruh tersebut sebagai penopang tegaknya kehidupan, maka jisim tersebut akan berubah menjadi benda mati yang tidak bisa bergerak dan menjadi benda yang tidak ada gunanya, begitu juga dengan amal yang terpisah dari ikhlas.
Kita banyak melihat kaum yang beramal/ berbuat, akan tetapi kita tidak melihat bekas atau peninggalan yang baik atas amal yang mereka perbuat, dan banyak dari mereka yang tidak mendapatkan pertolongan dari Allah pada apa yang menjadi tujuannya maka hilanglah sebagian dari mereka ibarat akan melewati sebuah sungai, mereka terhenti hanya sampai dipinggiran atau ibarat mereka berani untuk menyelam (selulup) maka mereka hanya berani pada bagian yang dangkal dan tidak mampu pada wilayah perairan yang dalam. Akhirnya mereka kembali, tenaga yang telah dikeluarkan menjadi sia-sia begitu juga biaya yang telah dikeluarkan tidak ada gunanya.
Rahasia dibalik keikhlasan adalah bahwasannya barangsiapa yang beramal disertai dengan ikhlas hanya karena ummat dan negaranya, maka hati masyarakat akan dicondongkan kepadanya. Mereka (masyarakat) akan mendukungnya dengan menjadikan ia berani, mereka akan memuji dan membantu dengan sekuat tenaga serta melaksanakan apa yang menjadi rencana perjuangannya, maka dengan dukungan dari masyarakat itu ia menjadi tambah semangat dan berani dalam meraih cita-cita, dan berkembang dalam jiwanya semangat dan kesungguhan  yang menggelora serta istiqomah dalam berjuang.
Adapun orang yang beramal tanpa didasari denganikhlas, maka sesungguhnya walaupun ia menyembunyikan apa yang ada di dalamhatinya, dikemudian hari apa yang disembunyikan tersebut pasti akan terbongkar dan ia akan merasa malu atas apa yang menjadi harapannya, maka orang yang dulu membantu kemudian akan lari drinya, orang yang dulunya mendorong akan membiarkannya dan akhirnya ia hanya akan membanggakan amalnya. Dengan demikian cita-citanya akan melemah dan harapannya akan memudar. Akhirnya ia dengan terpaksa akan  meninggalkan apa yang seharusnya dilakukan. Akibatnya, ia menjadi rugi dunia akhirat dan ia akan hidup dengan kondisi yang tidak menyenangkan karena tidak ada lagi yang mendukungnya.
Adapun contoh-contoh orang yang tidak ikhlas sangatbanyak, diantaranya: kita banyak melihat organisasi-organisasi yang berdiri akan tetapi tidak lama kemudian menjadi bubar, kita juga banyak melihat gerakan yang bangkit akan tetapi tidak lama kemudian menjadi runtuh. Ketika kita menghitung beberapa kejadian seperti ini, maka akan membutuhkan lembaran yang banyak karena tidak muat   dibahas dalam kitab mauidhoh ini.
Maka dari itu, wahai pemuda jadilah dirimu sebagai orang yang ikhlas di dalam berjuang, maka engkau akan mampu meraih apa yang engkau cita-citakan. Hati-hatilah jangan sampai engkau “menjual” harta dan kedudukan. Karena hal itu adalah perbuatan orang-orang munafik yang mengharapkan ganti urusan agama dengan keduniaan dan memilih kesesatan daripada kebenaran (yakin).
Aku memohon perlindungan untukmu kepada Allah agar tetaap menjadi orang yang ikhlas


EmoticonEmoticon