Selasa, 03 November 2015

Teknik Strategi SEO Off-Page

Strategi SEO Off-Page

Strategi SEO Off-Page

 1. Mencari Backlink


Backlink merupakan bagian penting dalam SEO Off-Page. Namun sayangnya tidak banyak yang tahu bagaimana cara mendapatkan backlink yang berkualitas untuk blognya. Hal ini pulalah yang menyebabkan sebuah blog sulit untuk bersaing di SERP.

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah seperi apa Backlik Berkualitas itu ? pertanyaan ini sebenarnya cukup luas dan jujur saja saya juga tidak tahu pasti apa jawabannya, namun yang jelas, Backlink Berkaulitas adalah Backlink yang berasalh dari situs berkualitas.

Jika dianya kembali tentang seperti apa Situs Berkualitas itu ? maka jawabannya sederhana saja, sebuah situs dikatakan berkualitas (berkualitas untuk ditanami backlink) jika memiliki PA / DA tinggi, memiliki Niche yang sama dan memiliki OBL yang rendah.

 2. Mempromosikan Artikel di Media Sosial


Dalam SEO adalah istilah Social Signal yang jika diartikan secara bebas kurang lebih maknanya adalah sinyal yang berasal dari Media Sosial.

Sinyal dari Media Sosial inilah yang (katanya) digunakan berbagai mesin pencari (termasuk Google) untuk meranking suatu situs.

Jadi sederhanya, semakin tinggi social signal yang dimiliki oleh blog maka semakin beasr pula peluang situs tersebut masuk ke halaman pertama Google.

Untuk mendapatkan Social Signal yang harus dilakukan adalah mempromosikan / membagikan artikel Anda di media sosial seperti Facebook, Twitter atau Google Plus.

Namun juga tidak sesederhana itu juga, dimana akun media sosial yang Anda buat juga harus memiliki banyak teman / pengikut, karena jika tidak ada satupun teman / follower, maka sia-sia saja Anda membagikan artikel tersebut.

3. Mensubmit Blog di Situs Article Directory


Situs article directory atau ada juga yang menyebutnya social bookmark seperti LintasMe dan VIVAlog bisa menjadi solusi praktis untuk para pemilik blog baru yang menginginkan blognya cepat terkenal dan dikenal banyak orang.

Dengan cara SEO seperti ini, sebenarnya ada dua keuntungan yang Anda dapat, yaitu Pengunjung dan Backlink. Backlink yang didapat 99% sudah pasti berkualitas, karena berasal dari konten yang se-topik dan hampir semua situs social bookmark memiliki authority tinggi.

Selain article directory, masih ada lagi situs Web Directory, jadi kita hanya perlu mensubmit link blog utama saja (bukan link artikel blog). Beberapa contoh Web Directory yang cukup terkenal adalah :
  • W3-Directory
  • DMOZ
Kedua situs tersebut memang situs luar, namun tidak masalah, karena nanti ada kategori untuk memasukkan blog Anda dalam dafter Niche yang sama antar blog (hal ini akan membantu blog mendapatkan manfaat SEO yang sebenarnya).

Situs Pinger juga sebaiknya Anda pertimbangkan juga untuk digunakan, karena berdasarkan saya, blog baru akan lebih cepat terindeks saat kita melakukan Ping.

 4. Mengadakan Kontes SEO


Inilah strategi SEO yang paling ampuh dan mudah dilakukan, namun sekaligus termasuk yang paling mahal diantara strategi SEO yang sudah saya jelaskan diatas.

Memuaskan atau tidaknya hasil yang didapat tergantung dari banyaknya peserta dan seberapa berkualitas backlink yang diberikan oleh para peserta kontes SEO.

Ini merupakan cara yang paling cepat untuk meningkatkan ranking SEO pada blog baru, tetapi tidak begitu saya anjurkan untuk blog yang fresh yang belum memiliki banyak artikel, karena takutnya dianggap sebagai Unnatural Link oleh Google.
Kurang lebih seperti itulah strategi SEO untuk memaksimalkan SEO Blog dan satu lagi sebaiknya Anda pertimbangkan pula untuk menggunakan Template Blog SEO Friendly.

Disini saya hanya menginformasikan saja dan sama sekali tidak memaksa Anda untuk menggunakan kesepuluh strategi SEO diatas, jadi silahkan tentukan sendiri apakah ingin mencobanya atau hanya sekedar membacanya saja, namun yang jelas cara ini berhasil menghantarkan beberapa blog saya di halaman pertama Google.


EmoticonEmoticon