Kamis, 15 Desember 2016

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android - Kehilangan sebuah data di smartphone memang bisa menjadi hal yang sangat menyebalkan. Apalagi jika data itu penting, dan kehilangannya terkadang disebabkan kelalaian sepele, misalnya tak sengaja terhapus.

Namun, dengan kehadiran teknologi komputasi awan saat ini sebenarnya pengguna tak perlu terlalu khawatir. Karena beberapa data digital sebenarnya bisa dikembalikan lagi dengan sedikit usaha, seperti menggunakan alat untuk mengembalikan data di Android.

Cara Mengembalikan File Terhapus di Android
Cara Mengembalikan File Terhapus di Android

8 cara mengembalikan file yang terhapus dari sistem operasi Android 

8 cara mengembalikan file yang terhapus dari sistem operasi Android yang dihimpun oleh tim Tekno Liputan6.com, seperti dikutip dari laman Tech Radar, Sabtu (30/4/2016). Hanya, perlu diingat tak seluruh upaya ini akan berhasil 100 persen. Proses pengembalian data juga bergantung pada aplikasi yang diinstall dan letak file yang sudah dihapus.

1. Mengembalikan Foto Terhapus dari Google Photos


Apabila Anda termasuk pengguna yang cukup sering menggunakan Google Photos, sebenarnya ada cara mudah untuk mengembalikan gambar yang terhapus. Untuk melakukannya, cukup pilih opsi Bin di menu Google Photos.

Setelah itu, pilih dan tahan gambar yang ingin dikembalikan. Lalu, sentuh restore untuk mengembalikan gambar yang dimaksud.

Google sendiri memang tak langsung menghapus gambar yang dihapus, melainkan akan dimasukkan terlebih dulu ke bin. Foto yang disimpan di bin hanya bertahan 60 hari, setelah itu akan terhapus secara otomatis.

2. Mengembalikan File Terhapus di Google Drive


Pada dasarnya, mengembalikan file terhapus di Google Drive tak berbeda jauh dari Google Photos. Anda cukup masuk ke aplikasi Google Drive, lalu pilih opsi Bin. Setelah itu, pilih file yang dikembalikan dan ketuk ikon 'restore' untuk membawa file tersebut kembali muncul.

Pada Google Drive, file juga disimpan selama beberapa waktu sebelum benar-benar dihapus dari 'tempat sampah'. Hanya, Google Drive tidak menyebutkan secara spesifik waktu penyimpanan file yang sudah ada di Bin.


3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga


Ketika file yang terhapus berada di smartphone tentu dibutuhkan langkah lain untuk mengembalikan file tersebut. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti DiskDigger.

Pengguna cukup mengunduhnya di Google Play Store, kemudian dapat langsung memakainya. Namun, DiskDigger hanya akan fokus melacak foto-foto yang sudah terhapus. Untuk itu, apabila ingin mengembalikan file berbentuk video smartphone Anda harus terlebih dulu di-root.

4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga dari Komputer


Apabila setelah menggunakan aplikasi mobile belum membuahkan hasil, Anda dapat mencobanya dengan menghubungkan smartphone ke komputer atau laptop. Sama seperti pada mobile, pengguna juga harus memakai aplikasi pihak ketiga, salah satunya adalah Recuva.

Pengguna cukup menghubungkan smartphone langsung dengan komputer yang sudah terpasang Recuva. Cara pengoperasiannya pun cukup mudah, pengguna cukup menyeleksi tipe file yang ingin dicari terlebih dulu.

Setelah ditemukan, pilih file tersebut kemudian dapat pilih opsi recovery untuk mengembalikan file tersebut. Perlu diingat, file yang disimpan di memori internal memiliki kemungkinan lebih besar dikembalikan, ketimbang file yang ada di memori ekstrenal.

5. Mengembalikan Data di Gim


Saat memainkan sebuah gim cukup lama, tentu akan sangat menyebalkan apabila gim tersebut terhapus. Namun, dengan sistem terbaru dari Google hal tersebut tak perlu dikhawatirkan.

Pengguna yang sudah masuk dengan menggunakan akun Google ketika bermain, secara otomatis juga akan menyimpan data permainan di Google Play Games. Jadi, meskipun gim sudah hilang saat Anda masuk dengan akun yang sama data masih akan muncul.

Namun, perlu diingat cara ini hanya berlaku ketika pengguna memang mengaktifkan fitur masuk di Google Play Games.

6. Mengembalikan Email yang Terhapus


Secara teoritis, selama masih menggunakan layanan Google secara otomatis file yang terhapus akan disimpan terlebih dulu di folder Bin. Untuk itu, bagi Anda yang ingin mengembalikan email terhapus dapat mengecek terlebih dulu file Bin.

Jika, email yang dimaksud memang masih ada pengguna dapat langsung mengembalikannya ke folder Inbox. Selain Gmail, aplikasi Outlook for Android juga menawarkan fitur serupa.

7. Mengembalikan Kontak yang Terhapus


Apabila Anda mengandalkan layanan Google untuk mengelola kontak, bukanlah hal yang sulit untuk mengembalikannya. Anda hanya perlu mengakses Google Contacts melalui situs web, kemudian masukkan akun Google yang digunakan.

Setelah itu, pilih 'Restore Contacts' dan semua kontak akan secara otomatis kembali ke daftar paling terbaru.

Namun, perlu dipastikan semua kontak harus disetel tetap terlihat. Apabila sejak awal kontak tersebut memang disembunyikan, pada akhirnya kontak tersebut tak akan kelihatan.

Baca Juga : Cara Membobol Pasword Wifi dengan Android

8. Atur Backup secara Otomatis


Istilah mencegah lebih baik dari mengobati juga berlaku dalam kejadian ini. Oleh karena itu, ketimbang sulit melakukan beragam cara untuk mengembalikan file yang terhapus, sebaiknya Anda juga melakukan backup data secara otomatis.

Perangkat Android juga memungkinkan hal ini. Pengguna cukup masuk ke pilihan 'Settings' lalu pilih opsi 'Backup & Reset', maka secara otomatis nantinya perangkat akan melakukan backup secara berkala.

Demikian Sedikit tips Cara Kembalikan File Terhapus di Android, Cara Kembalikan File Foto Terhapus di Android, Cara Kembalikan File Gambar Terhapus Di Android, Cara Kembalikan File Video Terhapus di Android, Cara Kembalikan Kontak Terhapus Di ANDROID, Cara Kembalikan File Gim Terhapus, Cara Kembalikan Email TerhapusCara Kembalikan File terhapus di Perangkat Android. Semoga bermanfaat ya. Apabila ada masalah mohon di share dan di diskusikan bersama-sama. Dapatkan juga Berbagai Macam Software Gratis, Tips & Trick lainnya disini MATERI LENGKAP ->  KLIK DISINI  


EmoticonEmoticon